Strategi Untuk Cerdas

Perinsip-perinsip dari strategi belajar CERDAS adalah sebagai berikut :
~ C erdik menggunakan strategi belajar.
~ E fektif dalam menggunakan waktu belajar.
~ R ealitis dalam merencanakan belajar.
~ D apat dicapai --> tujuan yang dibuat.
~ A kurat dalam perencanaan belajar.
~ S pesifik dalam menetapkan tujuan belajar.

Perinsip-perinsip menjadi CERDAS nampaknya mudah bukan? Pada kenyataannya, menjadi CERDAS bearti mampu untuk menyederhanakan berbagai hal yang nampaknya sulit bagi orang lain. Jika anda mencoba perinsip ini, maka anda akan tahu bahwa yang sulit bagi orang lain teryata dapat menjadi mudah dilakukan jika anda tahu kuncinya.

Untuk lebih jelasnya. . . . Kita bahas satu demi satu dengan singkat perinsip yang CERDAS.

Huruf C untuk CERDIK
Cerdik dalam belajar bearti: 
- Cerdik mencari informasi tenteng strategi belajar melalui bacaan, teman, dan sumber informasi lain.
- Cerdik mengelola belajar denagn cara: menyusun target belajar, memonitor pelaksanaan belajar, dan mengevaluasi belajar.
- Cerdik menggunakan berbagai cara untuk belajar dengan lebih baik dan efektif.

Huruf E untuk EFEKTIF
Efekfit dalam belajar: 
- Terampil dalam mengelola waktu untuk belajar, bekerja, kegiatan sosial dan bersantai.
- Waspada terhadap pemborosan waktu.
- Menetukan batas waktu dari pencapain target belajar.
- Memiliki fleksibilitas dan disiplin diri.

Huruf R untuk REALITAS
Realitis dalam belajar: 
Mempunyai Tujuan yang R A E L I T I S akan meningkatkan motivasi dan menggerakan anda untuk mencapai tujuan akhir tanpa frustasi. . . . ! ! !

Huruf D untuk DAPAT DICAPAI
Mampu memcapai tujuan yang cukup sulit memberikan perasaan yakin akan kemampuan diri sendiri dan bangga, yang akan meningkatkan motivasi belajar anda. . .!!!

Huruf A untuk AKURAT
Tujuan yang akurat membuat anda tahu sampai seberapa jauh anda sudah mencapai sasaran yang direncanakan sebelumnya.

Huruf S untuk SPESIFIKASI
Tujuan yang SPEFIKASI akan membuat target belajar menjadi akurat, dapat diukur dan menghemat waktu.

Selamat Belajar

No comments:

Post a Comment